Pentingnya Tes Alat dan Prosedur Tag

Pentingnya Tes Alat dan Prosedur Tag

Peraturan kesehatan dan keselamatan di banyak negara termasuk mengharuskan peralatan listrik diuji dan terbukti aman untuk digunakan. Ada banyak jenis peralatan yang memerlukan pengujian dan kemudian menandai setiap beberapa bulan atau setiap tahun untuk memastikan bahwa mereka aman. Interval antara setiap pengujian sangat bergantung pada jenis peranti serta lingkungan di mana ia digunakan. Sebagian besar peralatan pengujian genggam atau Lulus / Gagal akan terlihat menunjukkan lulus atau gagal yang cukup untuk digunakan di rumah dan kantor kecil Sewa Genset Jakarta. Namun, peralatan yang kompleks diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara kerja peralatan listrik tertentu dan apakah aman untuk digunakan dalam jangka panjang. Berdasarkan hal tersebut maka peralatan tersebut perlu diberi tag.

cek pengguna

Prosedur pengujian dan penandaan peralatan biasanya mencakup profesional pengujian yang memberi tahu pengguna tentang tanda-tanda potensi bahaya yang dapat mengakibatkan masalah. Dia biasanya akan memberi tahu pengguna tentang seberapa andal peralatan tersebut berdasarkan aliran arus resistor saat ini, efisiensi transformator, dan kondisi papan sirkuit. Misalnya, jika kabel listrik terkelupas atau stekernya retak, pengguna akan disarankan untuk tidak mencolokkan apa pun atau menggunakan alat, tetapi melaporkan kesalahan ini kepada pengawas. Supervisor kemudian dapat menyampaikan masalah ini melalui poster atau memo. Yang mengatakan pemeriksaan pengguna perlu dilakukan sebelum setiap operasi tetapi hasilnya tidak dicatat kecuali cacat telah diidentifikasi.

Inspeksi visual

Ini biasanya merupakan proses yang memerlukan pengamatan visual pada alat, steker dan kabelnya untuk mengetahui tanda-tanda keausan. HSE mengklaim bahwa mata yang terlatih dapat menemukan 90% dari kesalahan. Namun, sering kali hanya dengan melihat sebuah alat mungkin tidak memberikan hasil yang dapat diandalkan dalam hal ini akan memerlukan pembongkaran.

Inspeksi gabungan serta pengujian PAT

Pada beberapa interval reguler, semua peralatan portabel perlu diuji sehingga tingkat proteksi dapat diidentifikasi sebagai memadai. Hal ini terutama berlaku di lingkungan di mana produk komersial diproduksi. Penguji juga tidak hanya akan memeriksa kesalahan listrik tetapi juga kesalahan yang terhubung seperti kabel yang salah dan bahkan mengidentifikasi hal-hal seperti kebocoran gas dan kebocoran bahan berbahaya yang dapat membahayakan kualitas produk yang diproduksi serta kehidupan karyawan.

Setelah inspeksi selesai, sebuah tag akan diberikan ke setiap peralatan dengan peringkat. Peringkat akan membantu pengguna mengidentifikasi secara visual tindakan pencegahan apa yang perlu mereka ambil sebelum menggunakan peralatan dan seberapa aman penggunaannya. Pengujian dan penandaan seringkali merupakan dua proses berbeda yang dilakukan secara terpisah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *