Pelajari Langkah-Langkah Memasak Lobak Berikut Agar Rasanya Enak

source gambar : tanihub.com

Lobak putih merupakan sayuran yang sangat populer, ada beberapa masakan yang memakai lobak ini sebagai bahan utama. Kalau Anda ingin masak lobak sendiri di rumah, maka Anda harus tahu cara memasak yang tepat agar nanti rasanya tidak pahit.

Lobak ini memang susah susah gampang diolah karena kulit lobak ini yang bisa membuat rasanya terasa cukup pahit. Kalau salah langkah memotong seratnya, maka rasa pahitnya dapat saja menyebar.

Berikut ini akan kita bahas beberapa langkah memasak lobak agar hasilnya memuaskan.

  • Memilih lobak

Pertama-tama pilih lobak putih keras atau yang tidak terlalu lembek. Perhatikan juga permukaannya, pilih lobak putih yang halus permukaannya. Cari juga lobak yang tak ada bintuk hitam atau banyak kerutan.

Biasanya ukuran lobak putih yaitu 15 sampai 37 cm. Pilih saja lobak dengan ukuran paling pas sebagai bahan resep masakan Anda. Kalau Anda ingin membuat salad, maka pilihlah lobak putih berukuran lebih kecil.

Resep lobak putih lainnya, misal seperti rebusan, pilih lobak dengan ukuran lebih besar. Jangan lupa untuk melihat warnanya, pilihlah yang warnanya putih terang. Lalu pilih lobak putih dengan daun segar atau belum layu.

Akan lebih baik juga carilah lobak putih yang muda, karena makin tua, rasa pahitnya akan lebih kuat.

  • Cuci lobak

Ada langkah memasak lobak selanjutnya agar tak pahit yaitu dengan mencuci lobak tersebut. Cara paling benar mencuci lobak yaitu memakai air mengalir. Tak perlu memakai sabun, cukup gunakan tangan saja.

Jika lobaknya masih ada banyak kotoran dan tanah, maka Anda bisa coba memakai sikat sayuran.

  • Potong daun lobak

Langkah selanjutnya ialah memotong daun kalau masih ada. Kalian bisa iris daun lobak dan juga bagian atas sedikit. Daunnya perlu dipisahkan, tetapi bukan berarti daun lobak harus dibuang.

Karena daun lobak sebenarnya bisa dikonsumsi juga dengan berbagai macam resep yang enak.

  • Kuliti lobak

Selanjutnya adalah kalian membuang kulit lobaknya. Kupas kulit lobak bisa dengan memakai pengupas sayuran yang berukuran besar. Jadi pakailah pengupas bukan yang dipakai biasa untuk kentang atau pun wortel.

Cara mengulitinya adalah dengan memegang lobak secara tegak, ujungnya dipotong dengan ditekan ke talenan. Ujung pengupasnya menghadap ke lobak, lalu geser pengupasnya sepanjang kulit ke bawah dengan memakai sapuan panjang.

Putarlah lobak dengan memakai satu tangan ketika Anda menguliti setiap bagian kulit lain. Kalau Anda tak memiliki pengupas, Anda bisa menggunakan pisau juga. Tetapi, hati-hati dan jangan terlalu tebal atau pun tipis.

Kalau terlalu tipis, rasa pahit kulit lobak masih tersisa. Sementara jika terlalu tebal, daging lobak bisa terbuang.

  • Potong lobak dan rendam

Untuk lobak berukuran besar, potong menjadi dua supaya mudah diolah. Potong menjadi tiga kalau lobaknya panjang dan potong sesuai dengan kebutuhan resep. Selanjutnya rendam potongan lobka di larutan garam jika tidak ingin terasa pahit.

Saat direndam, remas-remas lobaknya, dan diamkan selama kurang lebih selama 3 jam. Kalau semuanya telah dilakukan, maka waktunya memasak, kalau ingin rasa pahit benar-benar berkurang, pakai bumbu-bumbu bercita rasa kuat.

Anda bisa mencoba mendapatkan lobak ini via online yaitu dengan memakai layanan platform TaniHub. Jika hari ini anda memesan, maka besoknya bisa saja sudah tiba di alamat rumah anda. Hal tersebut tidak lepas dari peran layanan antar TaniHub yang cepat dan tanggap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *