Niat Puasa Senin Kamis

AssalamulaikumWrWb teman teman dimapun kalian berada saat ini,Semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT dan semoga kalian selalu diberi kesehatan jasmani maupun rohani di setiap harinya.

Kali ini saya akan sedikit mengulas dan membahas tentang niat puasa senin kamis yang tak sedikit orang orang yang beragama muslim ini lakukan tapi sebelumnya apakah kalian tau tentang apa yang dimaksud puasa atau shaum ini ?

Yap mungkin ada juga sebagian orang yang belum terlalu memahaminya. Bahwasannya Shaum atau puasa ini diperuntukan bagi orang-orang berkeyakinan Islam dan bagi orang orang islam shaum atau puasa ini ialah salah satu kegiatan pada diri seseorang agar dirinya bisa menahan diri dari hawa dan nafsunya termasuk dari makan dan minum dilanjutkan dengan segala perlakukan atau kegiatan yang bisa membatalkan puasa atau shaum tersebut.

Yang dilakukan dari Terbitnya Fajar sampai dengan terbenamnya matahari dengan beberapa syarat didalamnya.saum atau puasaini bertujuan untuk ketakwaan seseorang yang melakukannya agar terus meningkat dari sebelumnya Dan saum atau puasa ini yaitu salah satu yang termasuk kedalam Rukun Islam.

Niat Puasa Senin Kamis Dan Qadha Ramadhan - FRasmi

Banyak sekali macam macam puasa sunnah yang dilakukan sesuai tujuan atau maksud tersendiri didalamnya,sebelum saya membahas beberapa puasa sunah alangkah baiknya jika saya memberi tahu bahwa ada macam macam Puasa yang hukumnya WAJIB,Sebagai berikut:

  • Shaum atau Puasa Di bulan Ramadhan

Yap betul sekali jika Puasa Ramadhan lah puasa yang tidak sedikit orang tahu adanya,puasa ini bersifat WAJIB bagi umat muslim yang dilakukan selama Satu Bulan penuh didalam bulan Ramadhan.WAJIB hukumnya untuk seorang muslim yang sudah dewasa atau  dikatakan sudah Baligh.Hukum wajib puasa ini terdapat pada Surah Al Baqarah atay seratus delapanpuluh tiga didalam Al quran.

  • Shaum atau puasa Nazar

Yang selanjutnya ialah puasa Nazar , Yang dimaksudkan disini ialah puasa yang dijanjikan seseorang yang sudah bernazar pada waktu kebelakang sebelumnya.Tentu termasuk dalam hukum yang WAJIB karna kita sudah berjanji didalamnya.Dengan demikan karna seseorang yang sudah berjanji maka harus dan wajib lah untuk melakukan puasa tersebut.

  • Shaum atau puasa Hutang atau saum kifarat

Puasa ini yang bermaksud dengan untuk menggantikan salah satu puasa yang tak dilakukan karna adanya hal atau berbagai macam lain halnya yang bersifat terpaksa untuk kita menghutanginya dan memang kita harus membayar puasa tersebut pada lain waktunya.Tentu dengan demikian membuat puasa ini memiliki sifat dan Hukum yang WAJIB bagi seseorang yang sudah berhutang.

Beberapa Saum atau Puasa Sunah yang tidak sedikit orang orang lakukan di hidupnya dengan berbagai macam tujuan atau maksud didalamnya.Sebagai Berikut :

  • Puasa Arafah
  • Puasa Tarwiyah
  • Puasa Daud
  • Puasa Syawal

Saum atau puasa Syawal ini merupakan salah satu puasa yang memiliki sifat hukum SUNNAH didalamnya.Syawal yaitu salah satu waktu yang bertepatan pada Bulan setelah dilaksanakannya Bulan Ramadhan.Saum atau puasa Syawal ialah salah satu puasa yang dilakukan selama 6 hari di bulan syawal.Tidak sedikit orang orang yang melakukan puasa ini dengan cara berurutan yang dimulai dari hari ke dua syawal namun banyak orang juga yang melakukan puasa ini secara tidak berurutan.

  • Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis ini salah satu puasa yang hukum nya SUNNAH dan sering sekali dilakukan oleh orang orang pada umumnya.Yang diawali dengan anjuran atau perintah dari Nabi Muhammad SAW untuk orang orang umat islam untuk berpuasa di hari senin dan kamis.Mengapa harus jatuh pada hari tersebut ? yap betul sekali alasannya karna pada hari tersebutlah hari lahirnya Nabi Muhammad SAW dan hari kamis yaitu hari dimana awal kalinya al quran diturunkan ke bumi.

Dengan lantunan doa Niat Puasa Senin Kamis sebagai berikut :

 لَى تَعَا  ِللهِ سُنَّةً ثْنَيْنِ اْلاِ مَ يَوْ مَ صَوْ يْتُ نَوَ

Latin nya :

— Nawaituu Shoumaaa YAUmaL itsnaini SUNNAATAL Lillaahi TA’AAAALLAA

Yang artinya :

— Aku Berniat PUASA Pada hari Senin SUNNAH karena ALLAH TA’AAALLA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *