Kiat Memilih Pinjaman Online Cepat Cair Bayar Bulanan yang Legal

Pinjaman online cepat cair bayar bulanan yang legal sebenarnya mudah untuk diidentifikasi. Kenapa harus legal? Karena dengan memilih perusahaan yang legal artinya kamu melindungi hak kamu sebagai debitur atau nasabah pinjaman online. Dengan begitu data pribadi kamu bisa aman, pun jika ada masalah terlindungi secara hukum lewat payung hukum yang diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Memilih pinjaman online cepat cair bayar bulanan bagi orang awam mungkin sulit. Apalagi jika baru saja mengenal dunia digital. Paling tidak, pengguna sudah paham bagaimana alur pendaftaran lewat aplikasi online serta memahami cara mensubmit data-data dokumen yang dibutuhkan seperti ktp ataupun selfie dengan KTP sehingga proses pemeriksaan data bisa berjalan dengan lancar.

Ada beberapa langkah mudah untuk memilih pinjaman online yang tepat seperti ulasan berikut ini:

Sudah terdaftar di OJK

Apapun alasannya, periksa dulu perusahaan yang hendak dipilih, terlebih jika berkaitan dengan fintech atau perusahaan keuangan digital. Otoritas Jasa Keuangan ibarat polisi yang mengatur lembaga keuangan di Indonesia. Aturannya sudah jelas demi melindungi kedua belah pihak, yaitu perusahaan penyedia pinjaman juga peminjam.

Jadi, jika terjadi perselisihan bisa diselesaikan sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Pun jika debitur atau peminjam merasa dirugikan akan lebih mudah untuk melaporkannya kepada OJK untuk diperiksa dan diteliti kembali.

Punya kantor fisik dengan alamat yang jelas

Langkah kedua yang juga sebenarnya fundamental adalah keberadaan kantor fisiknya di Indonesia. Beberapa fintech memang berasal dari luar negeri. Namun, secara lembaga mereka tetap hadir di Indonesia dengan membuka kantor resminya. Dengan begitu, artinya legalitasnya juga jelas dan bisa dicek keberadaannya jika ada hal-hal yang diperlukan terutama jika dibutuhkan atau media secara fisik dari kedua belah pihak. 

Meskipun semua prosesnya dilakukan secara online mulai dari pendaftaran, persetujuan hingga proses transfer pinjaman, tetap kantor fisik sebuah perusahaan menjadi mutlak. Hal ini juga untuk membedakan mana perusahaan yang benar-benar serius berbisnis di Indonesia dan mana yang hanya ingin meraup keuntungannya saja.

Website informatif dan transparan

Sebagai sebuah perusahaan digital tentu komunikasi bisa dilakukan juga secara online melalui website. Saat ini sudah banyak website yang melayani komunikasi dua arah lewat fitur chat. Sehingga apapun informasi yang tertera di website bisa ditanyakan langsung lewat customer servicenya sehingga terjalin komunikasi dua arah. Informasi yang didapatkan oleh konsumen tidak hanya satu arah saja. Karena kadang-kadang konsumen berasal dari latar belakang yang berbeda dan perlu penjelasan tentang poin-poin yang tidak dimengerti olehnya. 

Daftarnya tidak dipersulit dengan sejumlah administrasi

Sebagai salah satu ciri layanan pinjaman online cepat cair bayar bulanan, salah satu pakem yang diberikan adalah kemudahan administrasi. Sehingga jelas ada perbedaan mana perusahaan konvensional dan mana perusahaan digital. Prosesnya pun bisa dilakukan seluruhnya tanpa perlu bertatap muka. Apalagi saat kondisi pandemi seperti saat ini lebih diprioritaskan tidak bertemu secara fisik terlebih dahulu. 

Pinjaman online cepat cair bayar bulanan cicilan 0% persen tenor 3 bulan

Dari beberapa ciri tersebut, kita bisa menyebut salah satu perusahaan yang direkomendasikan. Alasannya karena bunganya rendah, plafon yang ditawarkan tinggi sesuai ekspektasi, serta proses pendaftaran dan pengajuan dana mudah dan cepat. Cicilan serta produknya pun beragam. Kredivo memiliki produk pinjaman tunai, belanja lewat cicilan, serta pay later bayar 30 hari dan 3 bulan tanpa bunga alias nol persen bunga. 

Jadi, cukup bayar fee adminnya saja 1% per bulan dengan minimal transaksi Rp500 ribu. Transaksinya bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Untuk pay later online bisa diakses langsung lewat marketplace dan nanti pilih pembayaran lewat Kredivo dengan skema bayar dalam 30 hari dan 3 bulan. Untuk cicilan nol persen ini tidak berlaku untuk pinjaman tunai. Untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulannya tetap dikenakan bunga cicilan sebesar 2,6% per bulan. 

Untuk pay later offline, tinggal datang ke konter atau merchantnya, lalu transaksi menggunakan scan barcode. Beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo seperti McD, IKEA, Electronic City, Erafone dan lain sebagainya.

Kelebihannya, Kredivo punya jaringan merchant yang cukup luas lebih dari +1000 merchant yang di Indonesia termasuk beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, JD.ID, Blibli, Bukalapak dan juga Shopee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *