Berikut Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Menurut FIFA

Selain memperhatikan aturan main, terdapat hal yang tidak kalah penting dalam dunia sepak bola, yaitu lapangan yang menjadi tempat berlangsungnya pertandingan sepak bola. Seiring berjalannya waktu, bentuk dan juga ukuran lapangan ini sempat mengalami beberapa perubahan dan pembaruan. Beberapa penyempurnaan terus dilakukan untuk menignkatkan kualitas permainan sepak bola.

Seperti Apa Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Menurut FIFA?

Bagi Anda yang belum tahu, peraturan mengenai ukuran dan juga bentuk lapangan sepak bola mengacu pada standar ukuran menurut federasi sepak bola internasional yang dikenal dengan sebutan FIFA atau Federation International de Footbal.

Secara umum, menurut FIFA, ukuran lapangan haruslah berbentuk persegi panjang dengan dua sisi panjang yang disebut dengan garis sentuh tau touchlines dan dua sisi pendek disebut garis gawang atau goal line.

Lapangan sepak bola sendiri dikenal juga dengan sebutan Football Filed atau lapangan hijau. Umumnya, permukaan pada keseluruhan ukuran lapangan sepak bola merupakan rumput hijau sintesis dengan ketebalan rumput 25-30 milimeter yang terhampar luas di atas permukaan tanah.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnya
source gambar : bangyas.com

Secara umum, terdapat beberapa standar yang diberlakukan FIFA terkait lapangan sepak bola yang harus dipatuhi sebagai acuan. Masing-masing garis yang berhadapan dalam persegi panjang lapangan harus memiliki panjang yang sama.

Ukuran panjang minimal 100 meter dan maksimal 110 meter. Sedangkan untk ukuran lebar atau goal line minima 64 meter dan maksimal 75 meter. Masing-masing sudut yang menghubungkan gars tersebut, diberikan bendera sebagai tanda.

Pada area gawang keseluruhan ukuran lapangan sepak bola, harus berbentuk persegi panjang yang berada tepat di depan gawang dengan ukuran panjang 18.3 meter dan juga lebar berkisar 5.5 meter dari sama persis.

Gawang dalam permainan sepak bola ditempatkan di tengah garis gawang yang dibuat dengan rincian dua tiang tegak lurus yang disatukan dengan palang horizontal pada bagian atasnya. Jarak masing-masing tiang dengan sudut lapang harus sama. Dengan panjang tiang 7.23 meter dengan tinggi 2.44 meter.

Seiring berjalannya waktu, peraturan tersebut masih menjadi acuan dalam permainan sepak bola di manapun. Hingga pada akhirnya tahun 2008, IFAB atau singkatan dari International Football Association membuat peraturan baru dan melakukan penyeraman terkait hal tersebut.

Dimana peraturan tersebut menyebutkan bahwa ukuran lapangan internasional menjadi 195 meter untuk garis sentuh dan 68 meter goal line. Hinga saat ini, peraturan tersebut menjadi acuan untuk menetapkan ukuran lapangan dalam permainan sepak bola.

Itu dia beberapa ulasan tentang ukuran lapangan sepak bola menurut FIFA dan juga pembaruan aturan ukuran yang penting Anda cermati dan ketahui bersama. Artikel ini diharapkan bisa memberikan informasi dan juga manfaat bagi Anda semua tentang hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *